Memberi Tidak Harus Berupa Materi

Memberi, adalah sesuatu yang terkadang sangat mudah kita lakukan, namun pada suatu kala juga merupakan hal paling berat yang harus kita lakukan. Menjadi berat karena memberi yang dipresepsikan identik  denga materi, sehingga saat kita tidak punya materi yang dimaksud ataupun memiliki namun hanya sedikit  maka kita akan sangat berat untuk memberikannya. 


Namun, perlu kita pahami bahwa pemberian yang kita lakukan mestinya tidak hanya berupa materi, banyak pemberian non materi yang bisa kita lakukan, misalnya dukungan, semangat, fikiran, dan peran serta dalam sebuah event yang tidak secara langsung menguras materi kita. 

Walaupun demikian ada sebuah pepatah yang mengatakan," Siapa yang tidak punya sesuatu, maka tidak akan bisa memberikan sesuatu". Hal penting yang kita dapat dari pepatah ini dengan dikaitkan dengan persepsi memberi adalah bahwa ketika kita tidak kaya materi, maka kita jangan sampai miskin hati, miskin semangat dan miskin dalam bentuk non materi yang lainnya. Kita harus punya semangat, keyakinan, cara pandang yang bagus, dan siap berperan dalam setiap kontribusi yang diperlukan baik untuk diri kita, keluarga kita, masyarakat dan negara kita. Sekian